Library Information Kembali

A. SEJARAH SINGKAT

Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik sudah dirintis sejak didirikannya Program Studi Magister Linguistik di bawah Program Pascasarjan Universitas Diponegoro pada tanggal 6 Mei 2005. Pada awalnya Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik berdiri dengan menempati salah satu ruangan di gedung lama Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Jl. Imam Bardjo, S.H. No.5 Semarang.  Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik menempati satu ruangan yang sama dengan Sekretariat Program Studi Magister Linguistik dengan luas kurang lebih 26 m2 dengan jumlah koleksi sekitar 197 eksemplar terutama bidang linguistik.

Pada tanggal 1 Agustus 2011, Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik dipindahkan di ruang yang lebih memadai dengan luas kurang lebih 44 m2 di Gedung Twin Tower Building B lantai 3 Pascasarjana UNDIP Jalan Imam Bardjo, S.H. No.5 Semarang yang masih menempati ruangan yang sama dengan Sekretariat Program Studi Magister Linguistik di bawah program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik dibuka atas prakarsa Prof. Dr. Istiati Soetomo yang mendapatkan sambutan positif dari berbagai pihak yang difasilitasi oleh Dekan Fakultas Sastra Universitas Diponegoro (sebelum ada perubahan nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya), yaitu Prof. Dr. Sri Rahayu Prihatmi, M.A. Perpustakaan ini direalisasikan melalui usaha–usaha konkrit yang diawali dengan kajian kelayakan melalui berbagai diskusi dan workshop dengan mengundang para pakar linguistik dan pengajaran bahasa asing serta pencarian dukungan dari stakeholder baik dari dalam maupun luar Universitas Diponegoro.

Pembukaan Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik Universitas Diponegoro diawali dengan penunjukan pengelola perpustakaan yang dikelola oleh bagian administrasi perpustakaan sekaligus merangkap sebagai administrasi program, yaitu Ambar Kurniasih, S.E. sejak 2005 sampai Desember 2009. Untuk lebih fokus dalam mengelola perpustakaan dan segi kepakaran, maka sejak Desember 2009 hingga kini perpustakaan Program Studi Magister Linguistik dikelola sepenuhnya oleh Muh Ahlis Ahwan, M. Hum. sebagai pustakawan.

B. VISI

Menjadi pusat sumber dan riset bahasa berbasis teknologi yang unggul

C. MISI

  • Menyediakan informasi bahasa guna mendukung proses Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Menyediakan akses informasi bahasa bebas ruang dan waktu

D. TUJUAN

Menjadikan perpustakaan sebagai inspirasi keilmuan bahasa yang kreatif, inofatif dan profesional.

F. STRUKTUR ORGANISASI

Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik dikelola oleh pustakawan dibawah tanggung jawab ketua dan sekretaris Program Studi Magister Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang.

Agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan masing-masing, maka diperlukan staf yang profesional, trampil, sesuai dan seimbang untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan perpustakaan. Oleh karena itu agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan lancar diperlukan struktur organisasi dan pembagian tugas untuk tugas-tugas pokok masing-masing bidang.

Adapun struktur organisasi Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik adalah sebagai berikut :

Adapun tugas-tugasnya adalah :

  • Ketua Program Studi Magister Linguistik bertugas sebagai pimpinan tertinggi dilingkungan Program Studi Magister Linguistik dalam  memimpin seluruh kegiatan yang ada dan dilaksanakan dan bertanggung jawab atas kegiatan yang diselenggarakan.
  • Sekretaris Program Studi Magister Linguistik bertugas membantu pimpinan tertinggi di lingkungan Program Studi Magister Linguistik secara operasional dalam memimpin seluruh kegiatan yang ada dan dilaksanakan atas kegiatan yang diselenggarakan.
  • Bidang Administrasi Akademik, Keuangan, Teknologi Informasi, dan Pustakawan Program Studi Magister Linguistik bertugas melaksanakan seluruh kegiatan berkaitan dengan kemahasiswaaan, keakademikan, keuangan serta pengelolaan (pengadaan dan pengolahan) perpustakaan Program Studi Magister Linguistik dalam merencanakan, melaksanakan, dan pelaporan pertanggungjawaban yang dipimpin oleh ketua program studi dan dibantu oleh sekretaris program studi.
  • Staff Perpustakaan dan Pembantu Pelaksana Program Studi Magister Linguistik bertugas membantu melaksanakan kegiatan pelayanan perpustakaan dan membantu seluruh kegiatan Program Studi Magister Linguistik yang diselenggarakan.

G. LOKASI DAN KOLEKSI

Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik Universitas Diponegoro berlokasi di Gedung Twin Tower Building B lantai 3 Pascasarjana UNDIP Jalan Imam Bardjo, S.H. No.5 Semarang dengan luas 48 m2.

Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik pada awal berdirinya mempunyai koleksi sekitar 197 eksemplar dalam bidang linguistik yang terdiri dari 16 eksemplar milik perpustakaan program studi dan 181 eksemplar dari pinjaman Drs. Hendarto Supatra, S.U. salah satu dosen dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang untuk melengkapi referensi mahasiswa program studi sementara. Seiring perkembangannya pada bulan April 2011, jumah koleksi Perpustakaan meningkat menjadi 769 eksemplar dalam berbagai jenis dan macam koleksi.

Koleksi yang disediakan mencakup bidang linguistik berupa buku, majalah/jurnal, karya ilmiah hasil penelitian, CD hasil penelitian, hasil laporan kegiatan, CD hasil laporan kegiatan, skripsi, proposal tesis, jurnal tesis, CD jurnal tesis, tesis, CD tesis, dan ringkasan disertasi, disertasi, majalah.

Jenis-jenis koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik Universitas Diponegoro yaitu:

  • Koleksi Peminjaman

Koleksi peminjaman yaitu koleksi perpustakaan yang tersimpan dalam rak secara terbuka sebagai koleksi yang dapat secara langsung diambil oleh pemakai dari rak untuk dibaca ataupun dipinjam untuk dibawa pulang dengan tata cara yang berlaku di perpustakaan. Koleksi peminjaman berupa buku tersusun dalam rak menurut urutan sandi buku berdasarkan sistematika klasifikasi DDC (Daway Decimal Classification) versi 23.

  • Koleksi Rujukan

Koleksi rujukan tersimpan secara terbuka seperti koleksi lainnya. Koleksi ini tidak dipinjamkan, tetapi hanya dapat dibaca di tempat. Koleksi rujukan ini meliputi kamus dan ensiklopedi yang hanya diperlukan sebagai bahan rujukan.

  • Koleksi Karya IImiah

Koleksi karya ilmiah ini merupakan koleksi terbuka yang berisi tentang karya ilmiah mahasiswa maupun dosen baik berupa majalah/jurnal, karya ilmiah hasil penelitian, CD hasil penelitian, hasil laporan kegiatan, CD hasil laporan kegiatan, skripsi, proposal tesis, jurnal tesis, CD jurnal tesis, tesis, CD tesis dan ringkasan disertasi. Koleksi ini hanya dapat dibaca ditempat atau digandakan sebagian lembar dengan batasan tertentu yang sudah diatur oleh pengelola program studi dan bidang akademik.

Jumlah koleksi Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik Universitas Diponegoro setiap tahun dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 2: Jumlah koleksi Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik Universitas Diponegoro

NO

TAHUN

JUMLAH KOLEKSI

JUDUL

EKSEMPLAR

1

2005

16

16

2

2006

53

53

3

2007

108

108

4

2008

246

252

5

2009

340

421

6

2010

498

619

7

2011

553

692

8

2012

606

769

9

2013

953

1116

10

2014

1411

1628

11

2015

 

1903

12

2016

 

1956

Sumber: Data Statistik Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik bulan April 2016.

H. JENIS LAYANAN

Jenis layanan yang diberikan kepada pengguna di Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik UNDIP adalah:

  • Layanan Sirkulasi, yaitu layanan yang diberikan kepada pengunjung untuk dapat meminjam koleksi perpustakaan.
  • Layanan Referensi, yaitu layanan yang diberikan kepada pengunjung perpustakaan yang memerlukan bantuan penelusuran informasi dalam berbagai subjek dari berbagai sumber ataupun memberikan bahan rujukan pada koleksi lain sesuai dengan bidang/informasi yang dibutuhkan.
  • Layanan Penelusuran Informasi secara Elektronik yaitu layanan mandiri kepada pengguna perpustakaan berupa penyediaan sarana komputer dan atau jaringan internet untuk penelusuran informasi berbentuk digital yang sudah tersedia di dalam jaringan internet.
  • Layanan Koleksi Khusus, yaitu layanan yang diberikan kepada pengunjung untuk membaca ditempat atau menggandakan sebagian lembar koleksi buku atau karya imiah dengan ketentuan yang sudah disyaratkan oleh pengelola program studi.

I. TATA TERTIB

Jam Buka Layanan

Senin s/d Kamis: Pkl. 07.30 – 16.00 WIB

  • Istirahat: Pkl. 12.00 – 13.00 WIB

Jumat: Pkl. 07.30 – 16.30 WIB

  • Istirahat: Pkl. 11.30 – 13.00 WIB

Keanggotaan

  • Anggota Tetap
  1. Yang dapat menjadi Anggota Tetap adalah: Mahasiswa, Dosen dan Karyawan Program Studi Magister Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.
  2. Anggota Tetap menggunakan kartu tanda mahasiswa/pegawai yang berlaku selama menjadi Civitas Academika Program Studi Magister Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.
  • Anggota Luar / Baca

Yang dapat menjadi Anggota Luar adalah: mahasiswa, dosen, karyawan atau masyarakat umum di luar Program Studi Magister Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.

  • Syarat-Syarat Peminjaman
  1. Setiap angota wajib menunjukkan kartu anggotanya sendiri.
  2. Yang dapat meminjam koleksi adalah Anggota Tetap sedangkan Anggota Luar hanya memiliki hak baca (kecuali mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro).
  3. Setiap anggota tetap dapat meminjam sebanyak 2 (dua) buku untuk satu masa pinjam.
  4. Sedangkan anggota luar khusus mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro hanya dapat meminjam sebanyak 1 (satu) buku untuk satu masa pinjam.
  5. Lama waktu peminjaman anggota tetap adalah 1 (satu) minggu dan dapat diperpanjang 1 kali masa pinjam, apabila buku yang dipinjam tidak dipesan orang lain.
  6. Sedangkan Lama waktu peminjaman anggota luar khusus mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro adalah 3 (tiga) hari dan tidak dapat diperpanjang.

Koleksi yang Tidak Dapat Dipinjam Keluar

Koleksi-koleksi Referensi (Ensiklopedi, Kamus, Jurnal Umum, Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, Thesis, Skripsi, Ringkasan disertasi, Disertasi, CD).

Apabila ingin fotokopi koleksi referensi disediakan layanan fotokopi oleh petugas.

  • Anggota Tetap dikenakan biaya fotokopi sebesar Rp.500,-/Lembar.
  • Anggota Luar dikenakan biaya fotokopi sebesar Rp.1.000,-/Lembar.

Koleksi yang tidak boleh difotokopi adalah Koleksi Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, Thesis dan Skripsi, Disertasi, Laporan Kegiatan, Laporan Penelitian.

Denda / Sanksi

  • Bagi Anggota yang terlambat mengembalikan buku pada waktu yang telah ditentukan dikenakan denda sebesar Rp.1.000,- per buku / hari.
  • Setiap anggota diwajibkan memelihara buku yang dipinjam dengan sebaik-baiknya. Apabila buku yang sedang dipinjam rusak maka anggota yang bersangkutan diwajibkan mengganti kerugian, yang besarnya ditetapkan oleh Pengelola Perpustakaan.
  • Apabila buku yang dipinjam hilang, maka peminjam harus mengganti dengan buku yang sama. Apabila tidak dapat, maka yang bersangkutan dapat mengganti dengan uang sebesar 3 (tiga) kali harga buku.

Tata Tertib Umum

  • Setiap pengunjung diwajibkan mengisi Daftar Hadir setiap kali masuk ruang koleksi.
  • Kartu mahasiswa yang rusak / hilang dapat diperbaharui dengan ketentuan yang diatur oleh Fakultas/Universitas.
  • Setiap pengunjung koleksi diminta untuk turut menjaga ketenangan dan ketertiban dengan :
  • Tidak mencoret-coret koleksi atau peralatan lain di dalam ruang koleksi.
  • Tidak merusak, menyobek, atau membawa keluar koleksi tanpa prosedur yang benar.
  • Apabila melanggar peraturan yang telah ditetapkan maka akan dicabut keanggotaannya atau dikenakan sanksi administrasi atau akademik.
  • Tata Tertib ini berlaku bagi semua pemakai / pengunjung / anggota koleksi.
  • Hal-hal lain yang belum diatur di dalam Tata Tertib ini akan ditetapkan dan diumumkan kemudian.

J. FASILITAS

Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik dapat diakses secara umum dari laman utama Program Studi Magister Linguistik (www.mli.undip.ac.id) atau langsung pada website perpustakaan (www.mli.undip.ac.id/library) untuk menelusur judul buku, tesis, dan berbagai literatur lainnya berupa katalog maupun full text.

Perpustakaan Program Studi Magister Linguistik juga menyediakan fasilitas wifi 24 jam dan fasilitas komputer yang terhubung dengan jaringan internet untuk mengakses informasi yang dibutuhkan di mana saja.

Contact Information

Phone & Faximile Number :

+62-24-8448717

Mailing Address:

R.307 Lantai 3 Gedung TTB II Pascasarjana, Jl. Imam Bardjo, S.H. No.5 Semarang

Email: 

libmliundip@gmail.com

The full library profile is available here